Rabu, 15 Februari 2012

kisi-kisi UN SMP (nahareca p.w)

Kisi-kisi UN IPA SMP

Khusus untuk anak-anak kelas IX  atau kelas 3 – SMP/MTs atau yang sederajat ” yang mau berjuang di Ujian Nasional Tahun 2010 nanti″ – terutama untuk mata pelajaran IPA (acuan kisi un 2009, kayaknya sama dech.. : 1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai
dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai.
  • Membaca alat ukur.
2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan salah satu variabel dari rumus massa jenis p = m / v.
  • Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor.
3. Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat.
  • Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
  • Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi  ehari-hari.
  • Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang.
  • Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.
  • Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin.
  • Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan.
  • Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik.
  • Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan.
6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
  • Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya.
  • Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan.
7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup.
  • Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem.
  • Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
  • Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup.
8. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.
  • Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya.
  • Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
  • Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
  • Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
  • Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
  • Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
  • Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
  • Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaanpercobaan tentang proses tersebut.
9. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
  • Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
  • Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel.
  • Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya.
  • Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
10. Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.
  • Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan.
  • Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar